Senin, 18 Februari 2019

Cara Tepat Membersihkan Sepatu Olahraga Supaya Tetap Awet

source: Ikea

Beberapa waktu paling akhir tren berolahraga memang kembali naik daun. Banyak pekerjaan seperti color run, yoga, maraton, atau triathlon diselenggarakan waktu akhir minggu untuk penuhi keperluan beberapa penggemar berolahraga. Meningkatnya kegiatan fisik yang kita kerjakan, mesti disertai dengan perawatan perlengkapannya. Salah satunya yang perlu berhati-hati dalam mengawasi keawetannya ialah sepatu.

Bersihkan model sepatu safety perempuan memang tidak bisa asal-asalan. Salah dikit dalam memakai tools atau sabun, dapat membuat sepatu luntur atau bahkan juga rusak. Walau sebenarnya sepatu berolahraga seringkali terserang panas, keringat, serta debu hingga memerlukan sentuhan tambahan dalam membersihkannya. Agar sepatu masih awet, pakai langkah tersebut untuk bersihkan sepatumu:

1.Bersihkan Tali Sepatu
Agar terjangkau sisinya waktu dibikin bersih, bebaskan tali sepatu serta sisihkan. Ada 2 langkah yang dapat kita kerjakan yakni membersihkan dengan mesin pencuci atau manual dengan tangan. Untuk mesin pencuci, masukan tali sepatu ke laundry bag untuk mengawasi struktur.

Sedang pembersihan dengan tangan dapat dikerjakan lewat cara,

  • Rendam tali sepatu ke air diterjen saat 10 menit. 
  • Bila telah, angkat serta kucek sisi kotor dengan perlahan-lahan. 
  • Basuh dengan air keran sampai busanya hilang. Lalu jemur dalam tempat sejuk serta tidak terkena matahari langsung. 

2.Bersihkan Sepatu

  • Jika sepatu kita kotor sebab lumpur, biarlah kering terlebih dulu sebelum dicuci. Bila telah, benturkan sepatu sampai debu serta kotoran terlepas baru lalu kita sikat sepatu. 
  • Untuk sisi yang kotor, kita dapat membersihkannya dengan pasta gigi yang ditempatkan di spot itu lalu gosok dengan sikat dengan perlahan-lahan. 
  • Sisi lainnya dapat membersihkan dengan air sabun memakai sikat atau lap serta menggosoknya pelan-pelan. 
  • Menghilangkan sisa sabun sampai bersih dengan handuk atau kain bersih. 
  • Keringkan di daerah teduh serta janganlah dibawah matahari langsung. 

3.Membersih Sol
Sisi ini memang seharusnya berhati-hati dalam bersihkan sebab perlakuan yang salah akan membuat sol rusak serta lem terkikis. Untuk menghilangkan kotoran membandel, membersihkan sol dengan sikat serta lap yang telah di celupkan ke air diterjen. Gosok perlahan-lahan agar lem masih terbangun dan lap dengan kain basah. Paling akhir, biarlah sol jadi kering dengan alami, sebab cahaya matahari bisa membuat sepatu jadi kaku serta menghilangkan zat perekat.

Semestinya sepatu dicuci pagi hari agar cepat kering serta tidak mengakibatkan berbau sebab lembab. Hal-hal lain yang butuh dilihat ialah bahan dari sepatu olah raga kita. Sepatu memiliki bahan kanvas bisa mengaplikasikan langkah diatas dengan baik, sedang bahan lainnya seperti suede mesti memperoleh perlakuan spesial.

Sesudah kering, janganlah lupa menaruh sepatu kita dengan benar sebab nyatanya keawetan sepatu dapat juga dipastikan dari sini.

  • Longgarkan tali sepatu agar perputaran hawa berjalan dengan baik. 
  • Jauhi masukkan kaus kaki ke sepatu sebab akan mengakibatkan sepatu lembab serta bakteri tumbuh di dalamnya. 
  • Paling akhir, saat sepatu telah kering, masukan bola-bola koran untuk menyerap kelembapan serta mengawasi bentuk sepatu.

0 komentar:

Posting Komentar