Karakteristik Perusahaan Besar
Perusahaan yang besar tentunya memiliki struktur modal yang lebih optimal dibandingkan perusahaan dengan skala lebih kecil. Perusahaan besar memiliki karakteristik harga saham yang kurang sensitif terhadap perekonomian karena semakin besar ukuran perusahaan, aset yang dimiliki akan semakin besar dan harga saham akan semakin tinggi serta cenderung menguat. Selain itu, menurut Sofiida dan Subaedi (2006) juga menyatakan bahwa karakteristik lain perusahaan besar adalah kemampuan untuk menghasilkan laba yang lebih besar sehingga peluangnya untuk mendapatkan dana di dalam sebuah pasar modal juga akan lebih tinggi dibanding perusahaan kecil serta kemampuannya dalam melakukan diversifikasi yang dapat mengurangi risiko usaha. Pengurangan risiko yang mungkin terjadi dapat meningkatkan abnormal return. Oleh karena itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membantu mempromosikan perusahaan secara digital.
Investor dalam berinvestasi pada umumnya bertujuan untuk memperoleh return yang sesuai. Informasi yang dipublikasikan dengan tepat waktu dan lengkap mempengaruhi reaksi investor yang ditunjukkan dalam abnormalreturn saham. Abnormal return adalah kelebihan dari return sesungguhnya terjadi terhadap normal return yang merupakan return yang diharapkan oleh investor (Jogiyanto, 2010). Investor akan mengamati kinerja perusahaan melalui informasi yang dipublikasikan perusahaan. Maka salah satu hal penting yang perlu diperhatikan perusahaan adalah bagaimana menjamin tersedianya atau tersebarnya informasi kepada investor dengan secepatnya melalui prinsip keterbukaan.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi abnormal return. Di antaranya adalah adalah sistem IFR, ketepatan waktu penyampaian informasi keuangan website, ukuran perusahaan, dan profitabilitas. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membuatkan websitenya.
0 komentar:
Posting Komentar