Kamis, 12 Juli 2018

Cara Mengatasi dan Mencegah Timbulnya Bau Pada Sepatu

Image result for Cara Mengatasi dan Mencegah Timbulnya Bau Pada Sepatu

sepatu safety - Permasalahan bau busuk pada sepatu memanglah kerap dihadapi orang. Tidak disangkal, keadaan itu dapat bikin si pemilik sepatu terasa malu serta cemas kalau-kalau bau kurang enak dari sepatunya akan tercium orang yang lain, terutama waktu ia harus terpaksa melepas sepatunya dimuka orang banyak. Namun tenang, permasalahan itu dapat diatasi kok. Seandainya tahu sebabnya, kamu akan tahu bagaimanakah cara menangani serta menghilangkan bau yang sangatlah mengganggu itu.

Sebetulnya, apa sich pemicu sepatu hingga keluarkan bau yang tidak enak? Pemicu bau pada sepatu ialah munculnya bakteri yang bisa keluarkan aroma busuk. Sepatu terbuat berbahan material sintetis, sol karet serta bahan plastik. Bahan sintetis itu tutup aliran hawa di sepatu hingga kaki jadi tidak dapat bernafas. Akhirnya, kaki akan jadi berkeringat, basah serta lembab. Keadaan kaki yang basah serta lembab itu jadi media yang baik serta sarang tumbuh suburnya bakteri pemicu bau busuk. Type bakteri pemicu bau busuk itu ialah bakteri brevibakteria yang menyukai hidup di lingkungan yang lembab, basah, serta gelap. Brevibakteria umumnya aktif di bagian telapak kaki serta jari-jari kaki.

Bagaimanakah cara menghilangkan bau busuk pada sepatu? Untuk menghilangkannya memanglah diperlukan perhatian serta perawatan ekstra. Tetapi, bukanlah bermakna mustahil. Simak sejumlah panduan di bawah ini :


  1. Cuci sepatu dengan baik. Bersihkan dengan bersih serta secara detail, janganlah cuma sisi luar atau bawahnya saja. Langkah mencucinya, pakai deterjen/sabun serta pemutih, cuci sepatu lewat cara menggosoknya dengan sikat dari sisi dalam ke luar, kemudian jemur dibawah cahaya matahari. 
  2. Pakai baking soda untuk menghilangkan bau sepatu. Baking soda dapat dibuktikan adalah bahan yang bisa menyerap bau sepatu. Langkahnya, taburkan sedikit baking soda dalam sepatu, biarlah serta diamkan semalaman. Esok harinya, membersihkan sepatu dari baking soda, serta automatis bau tidak enak dari sepatumu tidak akan tercium lagi. 
  3. Tetapi, pemakaian baking soda untuk menghilangkan bau sepatu ini baiknya tidak digunakan untuk type sepatu yang terbuat berbahan kulit, karena penggunaan baking soda dengan terus-terusan pada bahan kulit bisa bikin sepatu jadi rusak. 
  4. Langkah lainnya yang cukup efisien untuk menghilangkan aroma tidak enak sepatu yaitu dengan memakai kulit jeruk. Aroma beri kesegaran dari kulit jeruk bisa digunakan untuk menghilangkan bau busuk sepatu. Langkahnya, tempatkan kulit jeruk didalam sepatu serta biarlah semalaman. Esok paginya, kamu akan merasakan bau busuk dari sepatu telah tidak tercium lagi. Kamu dapat juga memakai penyemprot desinfektan serta pewangi yang spesial ditujukan untuk menghilangkan permasalahan bau pada sepatu. 
  5. Seperti yang telah dijelaskan diatas, salah satunya pemicu sepatu bau ialah kaki yang bau. Apabila memanglah kamu mempunyai permasalahan kaki bau, kamu dapat mengatasinya lewat cara membersihkan kaki dengan bersih dengan memakai sabun. , semprotkan antiperspirant ke kaki. Antiperspirant adalah bahan yang bisa kurangi keringat berlebihan pemicu munculnya keadaan lembab yang dapat menyebabkan bau. 

Terkecuali memakai antipersiparant, kamu dapat juga memakai beberapa bahan alami untuk menghilangkan bau pada kaki, yakni :

– Teh hijau
Rendam kaki di air teh hijau dingin (seputar 5 kantung teh celup hijau) sepanjang kira-kira 30 menit sehari-hari sepanjang 1 minggu. Tanin dalam teh hijau bisa mengeringkan kaki, kurangi keringat serta bau pada kaki.

– Garam
Rendam kaki di air larutan garam. Sesudah usai, janganlah basuh kaki namun biarlah hingga kering saja.

– Cuka
Rendam kaki dalam larutan air-cuka (1/4 liter air +½ cangkir cuka). Juga bisa memakai cuka apel. Rendam kaki di larutan air-cuka apel (1 liter air hangat + 1/3 cangkir cuka apel).

Langkah lainnya yang dapat juga dikerjakan untuk menghilangkan bau sepatu ialah masukkan sepatu dalam kantung plastik, serta setelah itu ditempatkan didalam almari es semalaman. Esok harinya, mengeluarkan sepatu dari plastik serta jemur dibawah cahaya matahari. Untuk langkah tersebut baiknya dikerjakan di kulkas atau almari pendingin spesial supaya tidak bercampur dengan beberapa bahan makanan yang lain. Bila memanglah tidak mempunyai almari pendingin spesial, baiknya kerjakan beberapa cara lainnya yang telah dijelaskan diatas.

Hal yang dapat dikerjakan untuk menahan munculnya bau pada sepatu ialah :

  • Waktu akan menggunakan sepatu, yakinkan keadaan kaki serta sepatu dalam kondisi bersih serta kering. 
  • Jauhi penggunaan kaos kaki yang kotor, basah serta lembab. Kaos kaki lembab, basah serta telah kotor pastinya akan jadi tempat tumbuh suburnya bakteri yang dapat keluarkan bau tidak enak. 
  • Jauhi menaruh sepatu lembab di ruang tertutup. Sepatu yang basah karena habis dicuci atau terkena air karena kehujanan baiknya dijemur serta dikeringkan di hawa terbuka terlebih dulu. 
  • Sebaiknya untuk tidak selamanya menggunakan sepatu dengan jenis yang tertutup. Kadang-kadang pakai alas kaki lainnya contohnya sandal atau type sepatu yang ujungnya terbuka supaya aliran hawa sangat baik serta kaki dapat bernafas. 
  • Jauhi juga pemakaian sepatu yang sangat sempit karena dapat bikin kaki lebih berkeringat disebabkan tidak dapat bernafas dengan baik. 
  • Baiknya pakai type kaos kaki yang tipis dibanding yang tebal, karena kaos kaki tipis lebih sangat mungkin kaki untuk dapat bernafas dengan baik. 
  • Ubah sepatu, janganlah terus-terusan menggunakan sepatu yang sama dengan terus-terusan sehari-hari.

0 komentar:

Posting Komentar